LANGUAGE

MAU SUKSES BELAJAR , YA BELAJAR!! JANGAN LUPA SHOLAT

Bonus Anda

Kamis, 16 Desember 2010

PANTAI KRAKAL

Jogjakarta. Kota ini memang menjadi tempat kunjungan wisata paling populer setelah Bali di Indonesia. Selain nilai budayanya yang mengakar kuat pada masyarakatnya, Jogja juga memiliki panorama alam yang indah. Berada di bibir Pantai Selatan, Laut Jawa, provinsi ini diberkahi dengan pemandangan alam menghadap ke laut yang menakjubkan. Jangan hanya pantai Parangtritis saja yang Anda jajaki jika berkunjung ke kota ini.

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 3 km di sebelah timur dari deretan Pantai Baron-Kukup-Sepanjang-Drini dan merupakan pantai terpanjang dibanding pantai lainnya dengan bentangan pasir putih yang landai. Indahnya hamparan hijau perbukitan kapur dengan air laut yang berwarna biru menyajikan suatu harmoni yang sunguh asri, sangat ideal untuk menikmati hangatnya sinar matahari.
Hamparan pantai pasir putih seluas 5 kilometer langsung menyambut Anda. Di sekitarnya terdapat beberapa batu karang besar di tengah pantai yang semakin melengkapi keindahan panorama alam yang menakjubkan ini. Konon katanya, pada zaman dulu daerah Krakal merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu-batuan karang yang nampak pada waktu itu, merupakan bekas rumah binatang karang yang hidup di lautan saat itu.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika pantai ini menawarkan beragam tekstur alam yang indah. Mulai dari karang-karang yang sering kali dihiasi dengan kehadiran bintang-bintang laut, hamparan pantai pasir putih landai yang cocok untuk Anda berenang ataupun sekedar berjemur sepuas hati, hingga bebatuan besar ada di tengah dan dekat pesisir dalam bentuk-bentuk yang indah akibat abrasi pantai.

Keeksotisan alam saat perjalanan menuju pantai ini juga sangat terlihat. Batu-batu karang yang menjulang menjadikan daya tarik sendiri bagi pengunjung sebelum mencapai tempat ini.

SUMBER : http://jalanterus-cute-chocky.blogspot.com/2009/12/pantai-krakal-yogyakarta.html

Pantai Krakal

Pantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 kilometer dari kawasan pantai Kukup, sehingga pantai Krakal merupakan mata rantai perjalanan setelah mengunjungi pantai Baron dan pantai Kukup. Jarak pantai Krakal dari Yogyakarta lebih kurang 65 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam. 


Perjalanan menuju pantai Krakal ini juga melintasi bukit - bukit kapur, diselingi dengan teras - teras batu karang. Hal ini merupakan ciri dari daerah karst yang dikelola penduduk. Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman yang silam, daerah ini merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan yang terjadi pada kerak bumi, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu - batuan karang yang nampak pada waktu itu merupakan bekas rumah binatang karang yanghidup di air laut saat itu.

Pantai Krakal merupakan pantai yang paling indah, di antara seluruh hamparan pantai di sepanjang pulau Jawa. Pantai ini akan dibangun menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing, semacam tourist resort Nusa Dua di pulau Bali. Pantai Krakal, bentuk pantainya landai, berpasir putih, terhampar sepanjang lebih dari 5 kilometer. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang terhembus sangat sejuk, ombaknya cukup besar.

Image by: pesonagunungkidul.com
SUMBER  : http://www.jogja.com/tourism/info/?Z1Avby9NTnk0IGYv=

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bromo Caldera, East Java, Indonesia