LANGUAGE

MAU SUKSES BELAJAR , YA BELAJAR!! JANGAN LUPA SHOLAT

Bonus Anda

Senin, 10 Agustus 2009

Pengertian Geografi dan Ilmu Penunjangnya

GEOGRAFI MENURUT PARA AHLI

No. Pendapat Bunyi Kesimpulan
1. Preston E.James Geografi merupakan induk dari ilmu pengetauhan,karena banyak ilmu pengetauhan yang dikaji selalu di mulai dari keadan bumi. Merupakan induk dari ilmu pengetahuan.
2. Prof. Bintarto Geografi adalah ilmu pengetauhan yang menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk,serta mempelajari ciri khas mengenai bumi dalam ruang dan waktu. ilmu pengetauhan yang menerangkan sifat-sifat bumi dan menganalisis gejala-gejala alam.
3. Ullman (1954) Geografi adalah interaksi antar ruang. Geografi adalah interaksi antar ruang.
4. Paul Claval (1976) Geografi selalu ingin menjelaskan gejala-gejala dari segi hubungan keruangan. Selalu menjelaskan gejala-gejala dari segi hubungan keruangan.
5. Strabo Geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu mengenai suatu tempat dengan memperhatikan juga hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan. Geografi erat kaitannya dengan karakteristik
6. Karl Ritter Geografi ialah studi tentang daerah yang berbeda-beda dipermukaan bumi dalam karagamannya. studi tentang daerah yang berbeda-beda dipermukaan bumi
7. John Hanrath Geografi adalah pengetahuan yang menyelidiki persebaran gejala-gejala fisik biologis dan antropologis pada ruang di permukaan bumi, sebab akibat dan gejal menurut ukuran nilai, motif yang hasilnya dapat dibandingkan. pengetahuan yang menyelidiki persebaran gejala-gejala fisik biologis dan antropologis pada ruang di permukaan bumi.
8. Para pakar geografi pada seminar dan lokakarya di Semarang tahun 1988 Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan lingkungan dalam konteks keruangan. ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan lingkungan dalam konteks keruangan.







ILMU PENUNJANG GEOGRAFI
No. Ilmu Pununjang Pengertian Kesimpulan
1. Geologi Ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Kejadian struktur komposisi, sejarah, dan proses perkembangannya
2. Geofisika Ilmu yang mengkaji sifat-sifat bumi bagian dalam dengan metode tehnik fisika. Pengukuran gempa bumi, gravitasi, dam medan magnet.
3. Metereologi Ilmu yang mempelajari atmosfer. Udara, cuaca, suhu, dan angina.
4. Astronomi Ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar atmosfer bumi. Matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa.
5. Biogeografi Studi tentang Penyebaran makhluk hidup secara geografis di muka bumi. Penyebaran makhluk hidup
6. Geomorfologi Studi tentang bentuk-bentuk dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut. Bentuk-bentuk dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut
7. Hidrografi Ilmu yang berhubungan dengan penelitian dan pemetaan air di muka bumi. Pemetaan air
8. Oseanografi Ilmu yang mempelajari lautan. Sifat air laut, pasang surut, arus, dan kedalaman.
9. Paleontologi Ilmu tentang fosil-fosil serta bentuk-bentuk kehidupan di masa purba(prasejarah) yang terdapat dibawah lapisan bumi. Fosil-fosil kehidupan dimasa purba.
10. Antropogeografi Cabang geografi yang mempelajari penyebaran bangsa-bangsa dimuka bumi dilihat dari sudut geografis. Penyebaran bangsa-bangsa dimuka bumi.
11. Geografi Matematik Ilmu geografi yang berkenaan dengan perkiraan bentuk, ukuran, serta gerakan bumi. Lintang dan bujur goegrafi, meridian, parallel, dan luas permukaan bumi.
12. Geografi historik Cabang geografi yang mempelajari bumi ditinjau dari sudut sejarah dan perkembangannya. Mempelajari bumi ditinjau dari sudut sejarah.
13. Geografi Regional Cabang geografi yang mempelajari suatu kawasan tertentu secara khusus. Yang mempelajari suatu kawasan tertentu secara khusus.
14. Geografi Politik Cabang geografi yang khusus mengkaji kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut polotik atau kepentingan Negara. Khusus mengkaji kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut politik.
15. Geografi Fisik Cabang geografi yang mengkaji tentang bentuk dan struktur pemukaan bumi, yang mencakup aspek geomorfologi dan hidrologi. Mengkaji tentang bentuk dan struktur pemukaan bumi, yang mencakup aspek geomorfologi dan hidrologi.
16. Geografi Manusia Cabang geografi yang mengkaji tentang aspek sosial ekonomi dan budaya penduduk. Mengkaji tentang aspek sosial, ekonomi, dan budaya penduduk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bromo Caldera, East Java, Indonesia