LANGUAGE

MAU SUKSES BELAJAR , YA BELAJAR!! JANGAN LUPA SHOLAT

Bonus Anda

Selasa, 06 Juli 2010

Siklon Tropis

Tentang Siklon Tropis
Siklon tropis adalah sistem tekanan rendah yang membentuk atas perairan tropis yang hangat dan memiliki kekuatan angin badai (berkelanjutan angin 63 km / jam atau lebih dan hembusan lebih dari 90 km / jam) dekat pusatnya. Secara teknis mereka didefinisikan sebagai sebuah sistem non-frontal tekanan rendah skala sinoptik di perairan hangat berkembang memiliki terorganisir konveksi dan angin berarti kecepatan maksimum 34 knot atau lebih besar memperluas lebih dari separuh jalan di sekitar dekat pusat dan bertahan selama sedikitnya enam jam .

Kekuatan angin badai dapat memperpanjang ratusan kilometer dari pusat topan. Jika angin terus menerus sekitar pusat mencapai 118 km / h (embusan yang melebihi 165 km / jam). maka sistem disebut siklon tropis yang parah. Ini disebut sebagai badai atau topan di negara-negara lain.

Lingkaran mata atau pusat dari siklon tropis adalah daerah ditandai dengan angin cahaya dan sering oleh langit yang jelas. Eye diameter biasanya 40 km, tetapi dapat berkisar dari kurang dari 10 km ke lebih dari 100 km. Mata dikelilingi oleh cincin awan padat sekitar 16 km tinggi yang dikenal sebagai dinding mata yang menandai sabuk angin kuat dan hujan terberat.

Siklon tropis energi mereka berasal dari lautan tropis yang hangat dan tidak membentuk kecuali suhu permukaan laut di atas 26,5 ° C, meskipun sekali terbentuk, mereka dapat bertahan selama lebih rendah suhu permukaan laut. siklon tropis dapat bertahan selama beberapa hari dan dapat mengikuti jalan cukup tidak menentu. Mereka biasanya menghilangkan atas tanah, atau dingin lautan.

Siklon bahaya dan dampak

Siklon tropis sangat berbahaya karena mereka menghasilkan angin yang merusak, hujan deras dengan banjir dan badai merusak lonjakan yang dapat menyebabkan penggenangan dataran rendah daerah pesisir.
Embusan angin siklon memiliki lebih dari 90 km / jam di sekitar pusat mereka dan, dalam badai yang paling parah, embusan dapat melebihi 280 km / jam Angin ini sangat merusak dapat menyebabkan kerusakan properti ekstensif dan mengubah udara menjadi puing-puing rudal berpotensi mematikan. Penting untuk diingat bahwa, selama bagian dari pusat siklon atau mata, akan ada jeda sementara di angin, tapi yang ini akan segera digantikan oleh angin merusak dari arah lain.

Berat curah hujan yang terkait dengan bagian dari sebuah siklon tropis bisa menghasilkan banjir yang luas. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut dan kematian karena tenggelam. Hujan deras dapat bertahan sebagai siklon bergerak pedalaman dan membusuk, maka banjir akibat topan membusuk dapat terjadi jauh dari pantai tropis sebagai sisa-sisa topan bergerak ke bagian tengah dan selatan benua itu.

Angin siklon tropis merusak atas juga memproduksi laut fenomenal, yang berbahaya baik untuk kapal di laut dan mereka tertambat di pelabuhan. Ini laut juga dapat menyebabkan erosi serius foreshores.

Badai gelombang dan pasang surut

Berpotensi, fenomena yang paling merusak yang terkait dengan siklon tropis yang membuat daratan adalah gelombang badai. Storm surge adalah kubah mengangkat air sekitar 60 sampai 80 km di dan biasanya sekitar 2 sampai 5 meter lebih tinggi dari tingkat pasang yang normal. Jika gelora terjadi pada saat yang sama dengan gelombang tinggi, maka daerah dapat terendam cukup luas, terutama di sepanjang garis pantai dataran rendah.
Sumber : http://maritim.bmg.go.id/cyclones/AboutTC.htm?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bromo Caldera, East Java, Indonesia